KISI-KISI UTS GENAP
SMK NEGERI 2 SINGOSARI MALANG
TAHUN
PELAJARAN 2014/ 2015
Jenis Sekolah : SMK Alokasi Waktu :
90 Menit
Kelas/Jurusan : XI/SEMUA JURUSAN Jumlah Soal : 10
Mata Pelajaran : Matematika Penyusun :
Triana Ardiani, S.Pd
Kurikulum : K 13
No
|
Kompetensi Dasar
|
Kemampuan yang diuji
|
Uraian Materi
|
Indikator
|
No Soal
|
Bobot Soal
|
Kunci
|
1
|
Mendeskripsikan
dan menggunakan berbagai ukuran pemusatan, letak
dan penyebaran
data
sesuai dengan
karakteristik
data melaluiaturan
dan rumus serta menafsirkan dan
mengkomunikasikannya
|
1. Menentukan rata-rata (mean) dari sebuah
data dalam distribusi frekuensi berkelompok
2. Menentukan modus (data yang paling
sering muncul) dari sebuah data dalam distribusi frekuensi berkelompok
3. Menentukan kuartil ketiga (Q3)
dari sebuah data dalam distribusi frekuensi berkelompok
|
1. Rata – rata data berkelompok
2. Modus data berkelompok
3. Kuartil data berkelompok
|
·
Diberikan
data berat badan 40 anak. Siswa dapat menentukan rata-rata berat badan
mereka.
·
Diberikan
data tenaga pengajar suatu bimbingan belajar berdasarkan usia.Siswa dapat
menentukan modus dari data tersebut.
·
Diberikan
sebuah data distribusi frekuensi berkelompok, Siswa dapat menentukan kuartil
atas (Q3) dari data
tersebut.
|
1
2
3
|
Mudah
Sedang
Sedang
|
|
2
|
Menerapkan
berbagai konsepdan prinsip permutasi dan kombinasi dalam pemecahan
masalah nyata.
|
1. Menentukan
banyak susunan unsur menggunakan permutasi.
2. Menentukan
banyak susunan unsur menggunakan kombinasi.
|
1. Permutasi.
2. Kombinasi.
3. Aturan perkalian.
|
·
Diberikan
ilustrasi tentang sebuah kejadian yang diketahui unsur yang disediakan dan
dipilih beberapa unsur untuk menduduki juara I s/d III. Siswa dapat
menentukan banyaknya susunan juara yang dapat dibentuk.
·
Diberikan
ilustrasi tentang sebuah kejadian yang diketahui unsur yang disediakan dan
dipilih beberapa unsur untuk mengikuti olimpiade dengan syarat tertentu.
Siswa dapat menentukan banyaknya susunan yang mungkin untuk memilih siswa
yang ikut olimpiade.
·
.Diberikan
7 angka yang berlainan. Siswa dapat menentukan banyak bilangan ratusan genap
dari angka – angka tersebut dengan syarat angka tidak boleh berulang.
|
4
5
6
|
Mudah
Sedang
Sedang
|
|
3
|
Mendeskripsikandan menerapkan aturan/rumus peluangdalam memprediksiterjadinyasuatu kejadian dunia nyata serta menjelaskan alasan-alasannya.
|
1. Menentukan banyak cara dan peluang suatu kejadian dengan
percobaan tertentu
|
1. Peluang suatu kejadian
|
·
Diberikan
sebuah ilustrasi bahwa terdapat beberapa kelereng yang berlainan warna di
dalam sebuah kotak. Dari dalam kotak akan diambil beberapa kelereng
sekaligus. Siswa dapat menentukan banyak cara dan peluang dari pengambilan
dengan syarat warna yang ditentukan.
|
7
|
Sulit
|
|
4
|
Mendeskripsikan konsep dan
kurva
lingkaran
dengan titik pusat
tertentu dan menurunkan persamaan umum lingkaran
dengan metodekoordinat.
|
1. Menentukan persamaan lingkaran jika diketahui koordinat titik
pusat dan jari-jari sebuah lingkaran.
|
1. Persamaan lingkaran yang berpusat di
(a,b) dengan jari-jari r
|
· Diketahui titik koordianat pusat sebuah
lingkaran yang berjari-jari tertentu. Siswa dapat menentukan persamaan
lingkarannya.
· Diketahui bentuk umum persamaan sebuah lingkaran.
Siswa dapat menentukan koordinat titik pusat dan jari-jari lingkaran
tersebut.
· Diketahui bentuk baku persamaan sebuah
lingkaran. Siswa dapat menentukan koordinat titik pusat dan jari-jari
lingkaran tersebut.
|
8
9
10
|
Mudah
Sedang
Sedang
|
sipppp sudah ngeblogg
BalasHapusBaru tau?
BalasHapusbu, soalnya nanti jangan susah2 ya ? :3
BalasHapusChoiriyah, soalnya nggak sunlit kan?
Hapus