Senin, 13 April 2020

MN BERBAGI UNTUK NEGRI

Berawal dari informasi "MN BERBAGI UNTUK NEGRI" kubulatkan tekadku untuk menjadi peserta Diklat. Setelah melakukan pendaftaran, masuklah aku di "aula" DDGCQ, sebuah tempat berkumpulnya semua peserta dan panitia, untuk diskusi maupun sekedar say hello.
Berada di aula dengan jumlah ribuan peserta,  tak bisa saya bayangkan. Ada banyak peserta yang baru kenal, namun ada juga yang sudah lama aku kenal.  Setelah kusapa beberapa teman,.. tiba² ada Bunda Nurhayati yang menyampaikan  kepada pak Feri seperti ini "Ini knp ada di sini... Mas @ferilee diajak aja ke dapur'. Aiiiih ada apa ini? Belum sempat pertanyaanku mendapatkan jawaban..ternyata secepat kilat aku sudah dijebloskan dan sudah berada di "dapur" (begitu istilah ruang panitia ala MN).  Sebuah kehormatan yang sudah MN berikan untukku, karena berada diantara orang² hebat yang mengemas kegiatan DeDe ini. Ada presiden MN bapak Fathur, ada Sekjen MN bapak Dudi Wahyudi, pengurus pusat dan daerrah MN diantaranya  Bunda Nurhayati, Bunda Wenni Melliana, Bunda Sugiati, Bunda Siti Zulaiha, Bunda Dyah Sinto, Pak Feri, Koko Beny, Mr Nyariadi, Bu Yuyun, Bu Fika, bu Badrieah dan masih banyak lagi. Bangga bisa bersama mereka, perasaanku tak bisa kuungkapkan dengan rangkaian kata-kata.

 Singkat cerita aku sudah berada di dapur, tempat panitia berkumpul, berdiskusi dan bercanda, Kutengok dapur panitia, owww..aku mendapat tugas untuk menjadi mentor Quizizz di kelas Q, bersama pak Fanni Dian Irfani ( yg seringkali peserta sapa sbg Bu Fanni) sebagai mentor GC dan pak Ansar Langnge sebagai wali kelas. Berbekal sedikit pengalaman menggunakan Quizizz dan belajar materi yang disampaikan panitia di kelas GC, aku mencoba mendalaminya, teriring semangat dan doa, semoga mampu.

Kegiatan DeDe dimulai dengan pretest, aku gak begitu menyimak pretest karena pagi harus ke sekolah. Sepulang sekolah, kusapa peserta di kelas telegram maupun di kelas GC. Kami banyak berdiskusi di sana. Tentang pretest dan sekedar berkenalan. Hari pertama ada beberapa peserta yang terpaksa harus  kujemput karena belum berada di aula maupun belum berada di kelas. Ada yang tidak merespon ada pula yang bisa langsung join ke kelas. 


Setelah ada materi yang sudah dishare di GC, diiringi dengan tugas, kegiatan yang tak kalah persiapannya adalah pleno menggunakan webex, Di Pleno pertama ini saya mendapatv amanah untuk menjadi host, antara senang dan susah mendapatkan tugas ini, bagaimana nggak?. Mana aku belum pernah kenal webex, eh..nge-host lagi. yach.. butuh persiapan, dan berguru ke yang lebih pengalaman.
Bismillah, kalau tidak dicoba, bagaimana akan bisa.  Melalui mentor cantik Bu Rafika aku bertanya² tentang webex, beberapa penjelasan disampaikan kepadaku. Bahkan aku rela datang awal pleno 1 untuk berguru ke bunda Siti Zulaiha tentang tugas yang akan saya kerjakan. alhamdulillah sedikit ada gambaran.

Begitulah, satu demi satu tugas aku jalani, mulai pleno 1 sampai pleno 4, bahagia dan senang walau hanya menjadi team hore. Aku merasa berada di sebuah ruangan untuk melakukan sebuah kegiatan, walau fatanya kami berada di kediaman kami masing masing, yang tersebar di seluruh nusantara.



Pernah suatu hari, Minggu pagi, aku dan Bu Badriah menyempatkan bertemu karena ada sesuatu yang harus didiskusikan, yaitu tentang GC, Yach sepertinya  kegiatan ini membuat kami seperti saudara, seperti sebuah keluarga, hanya ucap syukur yang bisa kami panjatkan ke Illahi robbi yang sudah menyatukan kami dalam sebuah kelompok Matematika Nusantara


To be continued

2 komentar: